Saturday, June 14, 2008

Pikiran Bawah Sadar/ Sub Conscious Mind

Pikiran Bawah Sadar / Subcounscious Mind
Pikiran bawah sadar adalah tempat emosi dan imajinasi, jika seseorang menanamkan sugesti positif ke pikiran bawah sadar dirinya maka akan menuai hasil yang positif, namun kalau negatif maka akan menuai hasil yang negatif.

Sifat pikiran bawah sadar adalah dia tidak pernah memilih-milih, dan tidak pernah menolak apa yang ditanamkan, sekali dia menerima maka hal itu akan diwujudkan.

Pikiran sadar manusia adalah gerbang dari pikiran bawah sadarnya. Sebelum sesuatu hal masuk ke pikiran bawah sadar maka terlebih dahulu melalui seleksi oleh pikiran sadarnya. Maka pikiran sadar inilah yang menentukan mana yang dapat masuk ke pikiran bawah sadar mana yang tidak boleh.

Seandainya tidak ada pikiran sadar maka akan sangat bahaya bagi manusia itu karena apa yang masuk dipikiran-pikirannya akan lepas kontrol dan masuk pikiran bawah sadar.

Hypnosis pada prinsipnya adalah membuka gerbang (critical factor) antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar dengan mengistirahatkan pikiran sadarnya sehingga sugesti-sugesti yang diberikan tidak dianalisa dulu oleh pikiran sadar, tetapi langsung diterima oleh pikiran bawah sadar sebagai suatu pemahaman yang baru.

Ketika seseorang berada dalam keadaan ter-hypnosis dia bukannya tidak sadar, dia tetap sadar namun kesadarannya berada di pikiran kondisi bawah sadar.

Kalau seseorang di pikiran kondisi tidak sadar seperti tidur, pingsan, atau koma, namun kalau berada dalam kondisi pikiran bawah sadar (berarti masih sadar) seseorang akan berada dalam keadaan aram temaram, remang-remang, suasana sadar tapi tidak mampu lagi untuk mengolah pikiran secara lebih detil, dan menerima saja sugesti yang diberikan.

Pegistirahatan pikiran sadar dapat dilakukan dengan menghentikan sejenak anggota tubuh yang dikendalikan oleh pikiran sadar, seperti tangan, kaki, badan dan sebagainya. Hal ini dapat dilakukan melalui pemusatan konsentrasi ataupun relaksasi.

Dari dinamika hypnosis seperti ini maka sebenarnya seseorang dapat melakukan self hypnosis sehingga apa-apa yang menjadi keinginannya dapat ditanamkan yang nantinya akan dimanifestasikan oleh pikiran bawah sadarnya untuk tujuan-tujuan yang bersifat positif.










No comments: